Pelaksanaan AKMI ( Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia ) MIN 2 Seram Bagian Barat Tahun 2023

 


Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Seram Bagian Barat  menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2023 yang akan diikuti oleh seluruh siswa kelas V. Penilaian diawasi oleh kepala Madrasah, Bapak Agus Irfan Safaat, S.Pd.I. 

AKMI merupakan asesmen komprehensif yang bertujuan untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa dalam literasi, numerasi, sains, serta literasi sosial dan budaya. Penilaian dilakukan secara daring dengan menggunakan sistem berbasis komputer. Penerapan AKMI distandarisasi, dan seperangkat prosedur operasional standar telah dikembangkan untuk memandu sekolah dan pemangku kepentingan dalam penerapan AKMI.

Guru dan Madrasah juga dapat memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa dalam persiapan penilaian AKMI. Selain itu, Kementerian Agama di Indonesia telah mengembangkan seperangkat prosedur operasional standar untuk memandu sekolah dan pemangku kepentingan dalam penerapan AKMI.

AKMI merupakan isu penting dan mendesak bagi Madrasah di Indonesia, dan diharapkan melalui AKMI, siswa akan lebih dibekali untuk menjadi pemimpin masa depan yang akan membangun peradaban bangsa menuju kemajuan, kejayaan, dan kesejahteraan. Keberhasilan penerapan AKMI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Seram Bagian Barat merupakan bukti komitmen sekolah dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada siswanya.