Pelatihan Teknis Pengelolaan Website Kementerian Agama Prov. Maluku dan Maluku Utara Tahun 2023


Ambon, 13 Maret 2023 - Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan kantor kemenag kabupaten kota di Propinsi Maluku dan Maluku Utara, Balai diklat Keagamaan Ambon menyelenggarakan kegiatan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Teknis Pengelolaan Website bagi pegawai di lingkungan kantor Kemenag Kabupaten. Kegiatan Diklat ini diadakan selama enam hari berturut-turut, mulai tanggal 13 hingga 18 Maret 2023 di Aula Balai Diklat Keagamaan Ambon.

Kegiatan Diklat ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari pegawai di lingkungan kantor kemenag Propinsi Maluku dan Maluku Utara yang berasal dari berbagai bidang kerja. Kegiatan Diklat bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan peserta dalam bidang tugas dan fungsinya masing-masing khususnya humas yang bertugas mengelola website di masing-masing satuan kerja.

Pada hari pertama, kegiatan Diklat dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Kakanwil Agama Profinsi Maluku yang diwakili oleh Pembimas Hindu, Bapak Sukardi Rianto, S.Ag.,MA. Kemudian, dilanjutkan dengan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya. Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama ini antara lain adalah BLC (Building Learning Commitment) yang disampaikan oleh Ibu Riana A. Amahoroe, S.Pd.,M.Pd, Pembangunan bidang agama dan Pengembangan SDM oleh Bapak Sukardi Rianto, S.Ag.,MA, serta materi Peningkatan dan penjaminan mutu diklat administrasi disampaikan oleh Bpk. Dr. H. Muharam Marzuki, M.A.,Ph.D.

Pada hari kedua sampai hari terakhir, kegiatan Diklat dilanjutkan dengan materi-materi yang lebih spesifik sesuai dengan bidang masing-masing peserta. Materi-materi ini disampaikan oleh narasumber yang juga ahli di bidangnya. Materi-materi yang disampaikan antara lain adalah Pengelolaan Informasi, Teknologi Informasi dan Pengelolaan CMS oleh Bpk Haris Kolengsusu, S.Pd.,M.Cs, Aplikasi Berbasis Web dan Perawatan Data Berbasis Web oleh Bapak M. Ikbal Siami, M.Cs dan Diakhiri dengan Evaluasi kegiatan oleh Panitia.

Kegiatan Diklat ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik pada masing-masing kantor kemenag kabupaten. Dengan adanya Diklat ini diharapkan pula dapat memotivasi dan menginspirasi para pegawai di lingkungan kantor kemenag untuk terus meningkatkan kualitas diri dan melayani masyarakat dengan lebih baik lagi. Achil